Pelajaran #4 : Belajar Seo (Seo On Page & Of Page)

Posted by Anonymous Sunday, December 30, 2012 8 comments
Pada materi kali ini saya akan coba mengulas materi SEO. Anggaplah saat ini anda sudah memiliki sebuah blog atau website yang sudah anda persiapkan melalui pelajaran sebelumnya, anggaplah kata kunci yang ingin anda kejar tersebut adalah “travel bandung” dan anda sudah memiliki sebuah blog dengan nama domain www.travel-bandung.com.

Lalu selanjutnya apa yang sebaiknya anda lakukan agar blog yang anda miliki tersebut bisa menempati puncak pencarian untuk kata kunci travel bandung? Dalam SEO ada yang di kenal dengan istilahnya SEO On Page dan SEO Off Page. Dalam pemahaman saya selama ini, SEO on page dapat di pandang sebagai suatu jenis optimasi SEO pada setiap halaman website yang bersangkutan atau yang kita kelola. Sementara SEO off page merupakan suatu jenis optimasi dengan cakupan di luar website yang kita kelola.

SEO On Page 

Cara yang paling sederhana yang biasa di lakukan untuk mengoptimasi SEO on page blog/website kita biasanya dengan:
Menambahkan kata kunci kata kunci yang ingin kita kejar pada setiap halaman website baik dari mulai judul hingga materi materi blog di dalamnya. Kata kunci kata kunci tersebut di sebar di setiap halaman dengan komposisi yang tidak berlebihan dengan tetap menjaga kenatural’an artikel. Jangan sampai kita membombardir kata kunci di setiap artikel dengan terlalu berlebihan, karena nantinya bukannya kualitas website yang baik di mata search engine yang akan anda dapatkan, malah bisa bisa blog/website anda terkena penalti oleh search engine, di depak dari database pencarian mereka & hilang dari peradaban.

Intinya kata kunci kata kunci tersebut di sisipkan secara alami saja jangan berlebihan. Apabila blog anda ingin mengejar kata kunci travel bandung, maka materi materi yang ada di blog anda tersebut sebaiknya membahas mengenai hal hal yang berhubungan dengan travel, kota bandung, dan sebagainya (yang berhubungan) jangan malah membahas mengenai software, game, dan lain lain. Variasi bold, huruf miring, warna, garis bawah, dan ukuran font kata kunci pada artikel yang kita buat juga dapat membantu meningkatkan penekanan kata kunci kata kunci tertentu untuk meningkatkan kualitas SEO on page suatu artikel blog atau website yang kita miliki.

SEO Off Page

Dari pengalaman pribadi saya selama ini, off page SEO ini merupakan fase yang akan sangat menentukan. Apabila kata kunci yang ingin anda kejar di google tidak begitu kompetitif bisa saja dengan hanya memanfaatkan SEO on page website atau blog anda dapat dengan mudah merangsak naik ke halaman halaman awal pencarian google untuk kata kunci yang anda harapkan. Namun hal tersebut tidak dapat dengan mudah terjadi apabila kata kunci yang ingin kita kejar merupakan kata kunci kata kunci yang cukup kompetitif (banyak pesaingnya), maka dari itu di sinilah SEO off page mulai harus anda optimalkan. Pada Optimasi Off Page ini, urusannya sudah bukan lagi dengan website yang ingin kita optimasi, melainkan lebih kepada website website lain dengan cara membangun sebanyak mungkin Backlink, link dari web/blog luar yang mengarah ke website yang ingin kita optimasi. Link yang baik bukanlah link seperti www.travel-bandung.com melainkan link dengan “anchor text” kata kunci yang ingin kita kejar yang apabila di klik orang akan terarah ke website kita. Selanjutnya, bagaimana kita bisa menemukan website website tempat di mana kita bisa menanamkan link yang mengarah ke website kita? Berikut merupakan beberapa cara umum yang bisa anda usahakan untuk membangun backlink:

1. Bertukar Link Antar Sesama Blogger. Hal yang umum di lakukan para blogger biasanya dengan bertukar link pada bagian blogroll dengan para blogger lain.

2. Blog Commenting (Berkomentar di Blog Orang Lain). Cara lain untuk bisa mendapatkan backlink yakni dengan mengomentari isi postigan blog orang lain, namun pada form nama kita tuliskan “kata kunci” bukan nama kita. Namun jika anda ingin menggunakan metode ini untuk membangun backlink, sebaiknya anda berkomentar dengan komentar komentar yang positif dan bermanfaat, dan pastinya harus berhubungan dengan materi postingan blog yang ingin kita komentari. Jangan sampai asal asalan berkomentar hanya sekedar untuk mengejar backlink yang banyak, karena bisa bisa kita akan di anggap SPAM memberikan komentar komentar sampah, dan seketika itu pula komentar komentar yang kita berikan akan di hapus oleh si pemilik blog.

3. Memanfaatkan Signature Forum. Cara lain yang bisa kita lakukan untuk membangun backlink yakni dengan aktif di forum forum online dan memanfaatkan fitur “signature” di forum tersebut, signature ini merupakan semacam pesan singkat yang dapat kita atur untuk di munculkan pada bagian bawah setiap postingan kita, jadi apabila kita sudah melakukan 1000 postingan dalam suatu komunitas forum online, maka secara otomatis pula kita dapat membangun 1000 backlink otomatis pada website forum tersebut.

4. Dummy Blog. Kita juga dapat membangun backlink melalui “dummx blog” atau istilahnya blog blog yang sengaja kita buat untuk mendongkrak website atau blog utama yang kita miliki. Untuk dummy blog ini umumnya orang orang memanfaatkan blog blog gratisan seperti  blogger.com, wordpress.com, squidoo.com dan sebagainya. Untuk materinya sendiri kadangkala cukup dengan memanfaatkan materi materi dari artikel PLR (Private Label Rights) yang sudah di modifikasi. Artikel PLR merupakan artikel artikel online yang bebas untuk di copy dan di modifikasi, juga bisa kita akui sebagai artikel buatan kita sendiri. Cukup banyak yang menshare artikel artikel sejenis earching sedikit di google, dan anda dapat dengan mudah menemukannya.

4 metode di atas merupakan beberapa contoh cara umum membangun backlink untuk pemula, sebenarnya masih banyak cara cara lain, seperti Article Submit, Directories, Social Bookmark, hingga teknik teknik membangun backlink dengan cara berbayar seperti membeli text link dan review dari website/blog berpage rank. Mungkin di lain kesempatan saya akan membahas secara detail. Oke segitu dulu pelajaran tentang Belajar Seo (Seo On Page & Of Page). thx.
Description
: Pelajaran #4 : Belajar Seo (Seo On Page & Of Page)
Rating
: 4.5
Reviewer
: Anonymous
ItemReviewed
: Pelajaran #4 : Belajar Seo (Seo On Page & Of Page)

8 comments:

Putupunyablog said...

Wah,, saya sangat berterima kasih tips dari agan.. sangat bermanfaat sekali bagi saya. jika diperbolehkan, nanti saya share di blog saya gan.. . Semoga agan, tidak bosan dengan komentarnya saya disini :). Terima kasih.

Unknown said...

Boleh gan di share d blog agan... tapi dikasih source link yaw..... ^_^
Untuk komennya ane gak bosen kok gan... malah ane seneng agan sering berkunjung n komen di blog ane........ :)

Putupunyablog said...

Oke gan,, tenang aja.. nanti saya kasih link sumbernya pake tag H1 :D.. . hehe ok gan,, senang bisa berkunjung di blog ini.

Unknown said...

Oke gan.. Thx gan dah sering brkunjung.. Ane jg sering mengunjungi blog agan kok.. Coz brmanfaat bgt.. ^_^

Logwap said...

ijin nyimak dari part #1 mastah

Unknown said...

Silahkan gan.. Dtunggu y kursus slalnjutnya.. ^_^ thx udah berkunjung k blog ane..

Geasera said...

Seo On Page, sipp : ini sangat menentukan SEO

Unknown said...

Bener skali itu gan.. Thx atas kunjungannya ^_^

Post a Comment

Ditunggu komennya gan....
Sistem one click publish gan...
- No captcha verivikasi yang menyebalkan
- No moderasi

NB: No live link / Link hidup ya gan

Comment Terbaru